Jumat, 06 April 2012

Early Bird Guide: First Steps (Indonesian version)

Learning English with Early Bird

Early Bird Guide
With all the tricks of the trade

1
Minggu-minggu pertama

First steps
First weeks First steps in English classroom
Minggu-minggu pertama dari pelajaran bahasa Inggris sangatlah menentukan serta membentuk penilaian, sikap dan motivasi anak. Mereka siap untuk menggunakan suatu bahasa jika sejak awal anak-anak dirangsang untuk aktif. Demikian pula untuk para guru, langkah-langkah awal di dalam proses pengajaran ini merupakan suatu masa penting untuk orientasi dan latihan dalam situasi “where they talk the language into the learners.” Hal ini meliputi semua ritual dan rutinitas yang akrab dengan anak-anak dari mata pelajaran lainnya.

Good morning.
Sit down, please!
Stand up!
Let’s sit in a circle!
Come here!
Come closer!
Go to the board, please!

Di samping itu, bisa juga disebutkan semua kata yang mungkin, seperti angka, warna, binatang, organ-organ tubuh dan lain-lainnya di dalam cerita, sajak dan lagu-lagu, bila situasinya memungkinkan dan nyaman.

Pada langkah awal ini juga hubungan antar tema dalam “thematic webbing” dengan latihan yang terklasifikasi merupakan sesuatu yang penting. Yang dilatihkan misalnya kata-kata “fruit, apples, oranges, grapefruit”. Buah-buahan muncul juga dalam tema tersendiri dengan konteks dan topik lain. Jika sebelumnya sudah dibicarakan mengenai warna, maka bisa diulangi lagi ketika membicarakan tentang buah-buahan.

Tujuan dari “first steps” bukan hanya sekadar mengumpulkan kata-kata tetapi untuk mengaktifkan pengetahuan awal anak-anak dan latihan pelafalan bahasa Inggris atau “tongues training” yang bersifat mendasar melalui situasi yang komunikatif dan dalam suasana bermain.

Terdapat berbagai macam kemungkinan untuk mempergunakan kosakata tersebut sesuai dengan situasi dan dalam permainan. Di samping itu, anak juga diharapkan mengerti dan mampu mengikuti perintah-perintah dasar sederhana dalam bahasa Inggris. Jika dalam minggu-minggu pertama diperoleh kurang lebih 400-600 istilah dalam bahasa Inggris, maka hal ini merupakan modal bagi anak untuk dapat berbicara sendiri secara sintaksis:

It’s …
Number … is …
I like …
Yes, please.
No, thanks you.

Reaksi awal anak terhadap contoh pengucapan adalah dengan mengucapkannya secara bersama-sama, di beberapa bagian, pada saat “lip reading”, guru hanya menggerakkan bibir untuk memberi contoh ucapan. Jika guru membisikkan sebuah pernyataan, maka anak mengerti bahwa mereka harus mengatakan dengan benar apa yang mereka dengar. Jika huruf-huruf pertama untuk kata-kata telah ditulis di papan tulis atau di kartu, maka anak mengucapkan kata yang inisialnya ditunjuk.

c(Colas)
s(Sprite)
p(peanuts)

Baca English version!

Informasi lebih detil mengenai Early Bird bisa dilihat berikut ini:
Early Bird
Apakah Early Bird Itu?
EARLY BIRD: The complete English course for primary school grades 3 - 6
EARLY BIRD: Menjawab 3 Persoalan Utama Guru Bahasa Inggris

Beberapa komponen Early Bird:
...got it? EARLY BIRD Language Competence Checks
Storyland: Short Stories for Story Telling and Reading
Welcome to Our Play: 9 Plays for English Class at Primary School

Beberapa Panduan Mengajar Menggunakan Early Bird:
Memulai Pelajaran Bahasa Inggris
Early Bird Guide: First Steps (English version)
Early Bird Guide: First Steps (Indonesian version)
Early Bird Guide: Panduan Lanjutan
Birthday Presents

Learning English with Early Bird

Tidak ada komentar:

Posting Komentar