Senin, 16 April 2012

TeLL me More dengan Speech Recognition: "Native Speaker" Anda dalam Belajar Inggris

Learning English with Tell Me More


Bayi belajar berbicara dengan mendengar dan mengulangi apa yang ia dengar. Sekitar usia satu tahun, ketika bayi mulai berbicara, kata-kata pertama yang keluar dari mulutnya mungkin berupa "maem" atau "mama," dan orang tua mendorong usahanya dengan mengulangi kata-kata tersebut. Meskipun kata-kata pertama yang muncul kedengarannya agak tidak jelas, teknik pengulangan ini membuat bayi mengalami perkembangan wicara yang sangat cepat. Hampir semua kosa kata dasar dikuasai dengan cara ini. Orang tua membantu mengoreksi kesalahan pengucapan dan dengan demikian anak mengalami perkembangan wicara yang luar biasa. Ketika memasuki usia 2 atau 3 tahun, penguasaan kosa kata anak sudah sangat banyak. Kosa kata yang lebih sulit dikuasai bersamaan dengan berjalannya waktu.
                Orang yang belajar bahasa asing mengalami situasi yang sama. Dalam hal ini peran vital orang tua digantikan oleh "native speaker." Native speaker (guru, reporter BBC, turis) menjadi model yang coba ditiru siswa.
                Auralog perusahaan yang berlokasi di Perancis, dengan produknya CD-ROM TeLL me More, menciptakan kembali dan mendorong pengalaman belajar semacam ini.   TeLL me More   merupakan software pembelajaran bahasa multimedia berbasis komputer yang didasarkan pada teknologi speech recognition (pengenalan wicara). Siswa diberi kesempatan untuk mendengarkan dan mengulang bunyi-bunyi, kata-kata dan kalimat-kalimat sebanyak yang ia mau.
                  TeLL me More    diciptakan oleh sebuah tim spesialis pengajaran bahasa dan didukung oleh Kementerian Pendidikan Perancis dan Komisi Eropa.   TeLL me More   merupakan hasil dari penelitian dan pengembangan selama beberapa tahun.  TeLL me More  merupakan metode pembelajaran bahasa pertama yang seluruhnya didasarkan pada teknologi speech recognition TeLL me More  mencakup semua aspek penting di dalam pemerolehan bahasa: ungkapan lisan dan tulisan, pemahaman, pengucapan, kosa kata dan tata bahasa.
                Berkat penggunaan speech recognition, siswa bisa menikmati dialog interaktif dengan komputernya yang berperan sebagai guru privat. Siswa bisa melatih pengucapan setiap kalimat dalam dialog atau setiap kata dalam suatu pelajaran. Scoring system yang sangat cermat memungkinkan pembandingan antara rekaman suara siswa dengan model. Pembandingan tersebut divisualisasikan dalam voice graph (grafik suara).
                 TeLL me More  bisa memahami apa yang diucapkan siswa, mengevaluasi pengucapannya dan membetulkan kesalahannya. Dengan menggunakan tampilan waveform dan pitch curve, Anda bisa memperbaiki pengucapan dan intonasi.  TeLL me More  mengidentifikasi dan menyoroti kata-kata yang salah diucapkan di dalam kalimat menggunakan teknologi SETS (Spoken Error Tracking System).
                 TeLL me More  kaya dengan materi pembelajaran bahasa. Memuat lebih dari 100 jam pembelajaran, masing-masing CD-ROM berisi dialog, video, pelajaran tata bahasa, daftar kata, lebih dari 1.000 latihan dan permainan pembelajaran.  TeLL me More  memungkinkan percakapan interaktif dengan komputer Anda dan memperbaiki pengucapan Anda dengan 550 kalimat dan 15,000 kata yang tersedia dalam dialog.
                Dengan daftar kata lebih dari 8.000, penguasaan kosa kata Anda akan diperluas. Juga tersedia aturan tata bahasa dan 700 conjugated verbs menggunakan penjelasan sederhana dalam bentuk animasi. Anda bisa meningkatan pengetahuan dan pemahaman Anda dengan 25 aktivitas latihan lisan dan tertulis yang mengacu kepada tata bahasa dan kosa kata yang tercantum dalam pelajaran.
                Auralog sekarang ini menjadi market leader di dalam CD-ROM software pembelajaran bahasa yang didasarkan pada speech recognition. Selama sepuluh tahun terakhir, perusahaan ini telah membuktikan komitmennya pada aplikasi teknologi canggih dalam bidang pemerolehan bahasa. Berkat kualitas konsep dan disainnya Auralog telah memperoleh beberapa penghargaan internasional.
                Pada tahun 1998 Auralog memenangkan penghargaan internasional yang paling bergengsi untuk produk pendidikan yang inovatif dan memiliki nilai pedagogis tinggi,  Worlddidac Award, di Basel. Worlddidac, yang didirikan pada tahun 1952, merupakan asosiasi para penerbit, perusahaan pembuat dan distributor produk-produk sarana dan prasarana pendidikan di seluruh dunia. Worlddidac Award bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dengan mendorong semua sektor industri pendidikan untuk mengembangkan metode-metode pengajaran baru yang inovatif. Hanya produk yang paling unggul yang berhak menerima penghargaan ini. Sebuah panel internasional yang terdiri dari spesialis di bidang pendidikan menyeleksi produk-produk berdasarkan pada nilai pendidikan, tingkat inovasi, disain, kualitas software dan pemasaran produk.
                Pada tahun yang sama  TeLL me More  juga menerima beberapa penghargaan lain. Di antara 557 produk dari 26 negara, TeLL me More ditetapkan sebagai satu-satunya penerima penghargaan Recognition for Special Achievements dalam "Europe's Best in Multimedia" oleh juri ahli EuroPrix MultiMedia Art 98. Auralog juga menerima Grand Prize for Off-line Multimedia pada Biarritz Festival '98 dan beberapa penghargaan lain seperti IMPULS Gütesiegel 98 di Jerman, FAUST Golden Trophy 1998 di Perancis, PC Home Award 98 untuk Best Application Software di Inggris.
                Pada tahun 1998 dan 1999  TeLL me More  memperoleh penghargaan MIM Golden CD-ROM pada International Multimedia '98 dan Internet Trade Show '99 di Montreal. Beberapa penghargaan juga diperoleh dari EMMA Foundation yang menekankan keunggulan dalam penciptaan isi media digital. NewMedia Invision, sebuah organisasi editorial internasional yang memfokuskan diri pada teknologi canggih, memilih  TeLL me More  sebagai penerima medali emas di antara 1.100 entri dari 18 negara.
                Dalam New York Festivals '99 TeLL me More menerima finalist certificate di antara 16.000 program yang dipresentasikan oleh 64 negara. The European Council of Applied Sciences and Engineering memberikan penghargaan European IST Prize kepada  TeLL me More  karena keunggulan teknis, nilai inovatif kandungan produk, nilai potensi pasar dan kapasitas untuk menciptakan lapangan kerja. Pada tahun 1999 para ahli Jerman dan Austria yang tergabung dalam GPI (Gesellschaft für Pädagogik und Information), suatu asosiasi yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman di bidang pengajaran beserta metode-metodenya, menganugerahkan Comelius Medal of '99 kepada  TeLL me More . PC Magazine 2000 menominasikan  TeLL me More  sebagai Product of the Year.
                 TeLL me More  telah memenangkan Golden ECCSELL Award pada MILIA 2000. Berdasarkan data angka penjualan yang diterbitkan oleh GfK/Chartrack, setiap tahun Leisure Software Publishers Union (Syndicat des Editeurs de Logiciels de Loisirs - SELL) menganugerahkan tropi ini kepada software terlaris di Eropa.  TeLL me More  English - Beginner, dengan turnover di atas Euro 2,5 juta, merupakan salah satu dari 5 pemenang dalam kategori Edutainment TeLL me More  merupakan satu-satunya kursus bahasa yang telah mencapai angka penjualan setinggi ini, sehingga berada dalam deretan setelah Barbie, Encarta Encyclopedia dan Adi dalam daftar pemenang.
                   Posisi terdepan yang berhasil diraih  TeLL me More  di belahan Eropa ini bukan hanya berkat kualitas softwarenya melainkan juga dinamisme Auralog di seluruh dunia. Sekarang ini Auralog mencapai lebih dari 70% dari turnover-nya di luar negeri dan beredar di lebih dari 67 negara di seluruh dunia.  TeLL me More  merupakan "Pemimpin pasar dalam isi multimedia," demikian tulis PC Plus. Pelanggan Auralog di antaranya adalah American Express, AT&T, Bayer AG, Bosch, BMW, British Aerospace, Colgate Palmolive, Daimler-Benz (Mercedes), Disneyland Paris, European Commission, Ford, GEC Marconi, Hewlett-Packard, National Westminster Bank, Rolls Royce, Shell, Siemens-Nixdorf, Volkswagen Group.
                    TeLL me More  sekarang diperkenalkan di Indonesia oleh Penerbit-Percetakan Kanisius. Kanisius mendapatkan lisensi untuk "melokalisasi"  TeLL me More  British English ke dalam interface berbahasa Indonesia. Dengan demikian kita sekarang bisa menikmati keunggulan produk ini dengan pilihan interface dalam bahasa Indonesia.
                   Tersedia empat level: beginner, intermediate, advanced dan business. Beginner merupakan pengenalan atau review hal-hal dasar. Intermediate berisi dasar-dasar yang digunakan dalam berkomunikasi ketika bepergian ke luar negeri. Advanced merupakan kursus intensif untuk menyempurnakan keterampilan berbahasa. Business melatih komunikasi efektif dalam lingkungan bisnis asing. Tersedia pula paket bundle yang mencakup sekaligus ketiga level Beginner, Intermediate and Advanced dengan harga khusus US$80. Juga tersedia  TeLL me More  Pro untuk digunakan di kelas.
                   Jika Anda ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris namun tidak memiliki waktu untuk mengambil kursus karena agenda yang padat,  TeLL me More  dapat menjadi solusi terbaik bagi Anda. Anda tidak hanya bisa mengatur waktu belajar sendiri, tetapi, dengan menggunakan  TeLL me More , Anda akan menemukan bahwa belajar bahasa Inggris ternyata demikian mudah dan menyenangkan.
                   Dengan  TeLL me More  Anda tidak akan menemukan pengalaman-pengalaman yang tidak menyenangkan berkaitan dengan kelelahan atau kebosanan guru yang mungkin Anda temui kalau Anda mengambil kursus.  TeLL me More  tidak akan pernah bosan dengan Anda. Ia tidak akan pernah terganggu oleh kesalahan yang terus-menerus Anda buat. Berkat penggunaan teknologi speech recognition TeLL me More  akan menjadi "native speaker" Anda yang murah yang akan membimbing Anda langkah demi langkah dari pemula sampai kepada native-like English speaker. Murah? Ya, sangat murah. Bandingkan saja dengan biaya yang harus Anda keluarkan jika Anda mengambil kursus yang diberikan oleh native speaker?
                 TeLL me More  lebih dari sekadar metode belajar bahasa yang komprehensif. CD-ROM ini benar-benar bisa menjadi alat belajar pribadi yang bisa disesuaikan dengan tujuan dan tingkat kemampuan Anda. Ada berbagai pilihan sehingga  TeLL me More  bisa disesuaikan dengan mudah dengan level dan kebutuhan Anda. Jika pelajarannya terlalu sulit, Anda bisa menurunkan tingkat kesulitannya dan sebaliknya.  TeLL me More  juga akan melaporkan skor yang Anda peroleh. Setiap saat Anda bisa memonitor skor yang Anda peroleh sehingga Anda bisa merasakan bagaimana penguasaan bahasa Anda berkembang dari waktu ke waktu.
                Temukan cara baru belajar bahasa Inggris dengan teknologi yang paling mutakhir. Konsep belajar  TeLL me More  yang unik manjadi acuan metode belajar bahasa komprehensif untuk seluruh dunia. Juga tersedia layanan internet untuk memperluas pengetahuan dan pemahaman Anda terhadap bahasa Inggris.




You may also want to know about:

Apakah Tell me More itu?
Presentasi Tell me More British English
Tell me More British English - Leaflet
TeLL me More The Complete Solution for Personalized Language Learning
Teknologi Tell me More: Speech Recognition, SETS, Waveforms and Pitch Curves

Description of TELL ME MORE levels Skill Board
List of lessons and videos of Tell me More British English 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar