Selasa, 14 Agustus 2012

Bagaimana Mengajar Inggris dengan Menggunakan English Rhyme kepada Anak-Anak


Click Here!


Musik adalah  bahasa universal dan anak-anak amat menyukai musik. Bernyanyi bersama dengan anak lain, guru atau orang dewasa lain amat menyenangkan bagi anak-anak. Bernyanyi merupakan cara yang menyenangkan bagi anak-anak dalam belajar bahasa Inggris untuk menambah kosa kata dan keterampilan pengucapan mereka. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk memilih dan mengajarkan English songs kepada anak-anak.

Pilih song yang kira-kira anak akan dengan mudah menyanyikannya dengan percaya diri. "Row, Row, Row Your Boat", misalnya, memungkinkan anak meniru mendayung dengan tubuh mereka. "Head, Shoulders, Knees, and Toes" memungkinkan anak-anak melakukan gerakan tangan yang akan memperkuat penguasaan kata-kata baru berkaitan dengan bagian tubuh mereka. "Old McDonald Had A Farm" memungkinkan anak untuk menyebutkan nama hewan dan suaranya yang sudah mereka kenal.

Cari gambar, buku atau mainan yang dapat membantu memperjelas kata-kata baru dalam lagu. Buku gambar-gambar hewan ternak membantu anak mengenal dan menyebutkan nama-nama hewan dalam bahasa Inggris. Demikian pula dengan tokoh-tokoh binatang di mana anak-anak bisa diminta untuk memerankannya. Sebuah foto atau gambar tubuh binatang utuh membantu anak mengenal bagian-bagian tubuh selain tubuh manusia. Anda juga bisa menggunakan boneka binatang untuk mengajarkan bagian-bagian tubuh. Perahu mainan akan melengkapi lagu "Row Row Row," dan memberikan kesempatan untuk memperluas kosa kata bahasa Inggris yang terkait dengan perahu seperti float atau sink.

Anda harus berlatih menyanyikan lagu itu sebelum mengajarkannya kepada anak-anak. Hal ini untuk menghindarkan tiba-tiba Anda lupa sebuah kata ditengah-tengah lagu ketika Anda mengajarkannya. Anda tidak harus memiliki suara bagus, tetapi Anda harus benar-benar mengetahui kata-kata dalam lagu dan artinya.

Ajaklah anak beraktivitas sebelum bernyanyi. Ajaklah anak-anak melihat bu gambar, atau keluarkan binatang mainan agar anak-anak bermain-main dengannya.

Berikan anak waktu untuk melihat-lihat buku gambar atau bermain dengan mainan mereka sendiri. Tidak ada gunanya mencoba untuk mendapatkan perhatian mereka untuk diajak bernyanyi jika mereka ingin bermain terlebih dahulu.

Tanyakan kepada seoang anak apakah ia ingin belajar sebuah lagu. Ambillah sebuah mainan binatang atau gambar untukdilihat bersama-sama dengan anak tersebut.

Ajarkan lagu apa adanya. Jangan ganggu dengan memberikan penjelasan panjang lebar mengenai arti kata-kata dalam lagu. Nyanyikanlah beberapa kali. Gunakan gerak tubuh atau alat peraga. Jika perhatian anak terganggu, lakukan hal ini nanti ketika anak menunjukkan kemauan untuk memperhatikan lagi.

Pujilah partisipasi anak. Pujilah semua yang dilakukannya dengan benar.

Tambahkan lebih banyak kata ketika hal itu memungkinkan: "Let's sing louder/softer/faster/very slowly."

Lanjutkan dengan kegiatan yang sama atau berbeda. Saatnya untuk mengeluarkan perahu atau bermain menyentuh anggota tubuh teman yang lain.


Baca juga:
Bagaimana Mengajar Inggris dengan Menggunakan English Rhyme kepada Anak-Anak
Ide Aktivitas Kelas dengan Rhyme Mary Had a Little Lamb



Click Here!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar